POSTED: 02 Agustus 2018

Berjualan makanan menggunakan mobil atau truk sedang ngetren. Tetapi, jangan sampai keburu nafsu. Ingin berbisnis namun kesulitan mencari tempat permanen. Kenapa tidak melirik bisnis yang dapat dijadikan di tempat yang tidak permanen?

Pada kenyataannya berbisnis dengan model ini membuat kita lebih leluasa dalam “menjemput” pelanggan. Bisnis makanan memakai mobil ala food truck yang biasa dilakukan di luar negeri, kini sedang ngetren di Indonesia.

Bisnis food truck ini bisa dikatakan sebagai inovasi bisnis kuliner yang lebih modern, praktis, dan mobile. Biasanya konsumen yang ingin membeli makan harus ke restoran, kini penjual makanan lah yang menghampiri konsumen. Dari segi cara penyajian dan cara tempat penjualan juga berbeda.

Meski terlihat menarik, bisnis food truck ini selain mampu mendatangkan omzet yang besar, tapi risiko kegagalannya juga besar. Sudah banyak pebisnis food truck yang gagal di bulan-bulan awal. Banyak faktor penyebabnya, salah satunya bisa karena kesalahan strategi marketingnya. Keberadaannya yang bisa mobile tidak bisa semata-mata menjadi kunci keberhasilan. Lalu strategi apa yang bisa dilakukan untuk bisnis food truck ini?

Tentukan Konsep

Langkah awal adalah menentukan konsep. Konsep harus disesuaikan dengan produk yang akan dijual, model kendaraan yang digunakan hingga brand yang diusung. Produk makanan atau minuman yang dijual harus memberi kesan berbeda dari yang sudah ada di restoran-restoran sehingga kesan inilah yang nanti bisa menarik para konsumen untuk membeli di food truck Anda.

Model kendaraan yang akan digunakan juga menentukan efektifitas dalam melayani konsumen dan juga memudahkan dalam menyajikan makanan atau minuman.

Desain Menu yang Menarik

Menu yang dijual sangat berpedan penting untuk menarik para konsumen. Menu-menu favorit yang ada tentu harus ditawarkan dengan desain yang menarik pula. Untuk itu, dalam mendesain menu harus memberikan kesan “lapar” bagi orang yang melihatnya. Artinya bisa menggerakkan minat orang untuk membeli makanan atau minuman yang ditawarkan.

Pandai Memilih Lokasi

Anda juga harus mengamati spot-spot mana saja yang cocok untuk digunakan berjualan. Tempat yang ramai adalah tujuan utama, tapi tempat yang ramai tidak selalu memberikan keuntungan. Bisa saja tempat yang ramai itu tidak diperkenankan untuk berjualan dalam bentuk apapun. Untuk itu pandai-pandailah memilih tempat yang paling strategis.

Buat Akun Sosial Media

Keberadaan sosial media sangatlah membantu dalam memasarkan produk, khusunya food truck. Di sosial media bisa diberikan informasi produk-proudk yang dijual, kelebihan produk, dan informasi tempat berjualan.

Berikan juga gimmick berupa kuis atau even berhadiah hidangan lezat di lokasi food truck. Dengan begitu konsumen menjadi tertarik dan penasaran mencoba produk yang dijual.

Jalin Relasi dengan Komunitas

Bangunlah relasi dengan komunitas yang ada di sekitar. Bergabunglah dengan komunitas itu dan jalin komunikasi yang baik. Tujuannya adalah jika nanti komunitas itu mengadakan acara atau even, maka kita bisa hadir dan ikut ambil bagian di even tersebut. Salah satu kuncuk keberhasilan berbisnis food truck adalah tempat yang ramai.***

0

Silahkan login terlebih dahulu untuk mengirimkan komentar.
Artikel Berhubungan