POSTED: 03 July 2016

Apakah Anda tertarik untuk memulai usaha di bidang makanan ? Apa sajakah kebutuhan dalam menjalankan usaha tersebut? Perlu alat atau modal berapa untuk memulai usaha tersebut ? Tips kami,  Jangan pernah takut atau khawatir  untuk memulai usaha. Usaha  bisa dimulai dari saat ini dari peralatan sederhana yang Anda miliki. Bikin produk yang Anda paling bisa dan dengan peralatan yang ada. Mulailah mencoba !. 

Mungkin jika saat ini Anda hanya memiliki kukusan, kocokan telur dan kompor. Cobalah bikin kue kukus lebih dahulu. Cobalah membuat Kue Kukus bikinan Anda sendiri, hasil testernya sampaikan ke anggota keluarga Anda, dan tanyakan apa komentar mereka. Janjan takut apabila ada kekurangan, perbaikilah. Berusaha mencoba atau trial dan error dalam menentukan hasil produk yang terbaik sangat perlu. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan produk yang terbaik. Mintalah masukan dari orang yang mencoba kue Anda, buat perbaikan terus - menerus.

Setelah mendapatkan produk terbaikmu, cobalah menawarkan sample ke lingkungan sekitarmu. Cobalah melakukan open order atau membuka pesanan kue kukus pertamamu ke tetangga atau warung dekat rumah dengan cara konsinyasi. Tetap monitoring dan evaluasi saran dan komentar dari customer – customer di lingkungan sekitar Anda. Lakukan perbaikan terus menerus.

Satu hal yang pasti dan harus dimiliki oleh seorang usaha kecil adalah menyiapkan modal percaya diri dan motivasi untuk memperbaiki diri dan produknya agar menjadi lebih baik setiap saat. Setelah hal di atas siap maka modal usaha, peralatan dan perlengkapan hanyalah sebagai pelengkap yang akan menjadikan seorang wirausaha sukses.

Bagaimana menentukan Peralatan & Perlengkapan untuk memulai usaha Anda untuk pertama kalinya : 

  1. Menentukan jenis produk yang akan  di produksi

Semakin banyak jenis produk yang ingin dibuat semakin beragam peralatan yang harus disediakan. Untuk awal usaha misal Kue Tradisional (Jajan Pasar) : apabila peralatan yang Anda miliki hanya kukusan, maka pilih jenis kue (jajan pasar) yang proses produksinya sama. Misal : kue kukus, brownies kukus, lemper dll. Proses produksi kue kue tersebut sama sehingga pemakaian atau utilitas produksi optimal dan produktivitasnya tinggi.

  1. Menentukan jumlah produk  per harinya

Jumlah produk yang bisa dibuat ditentukan oleh kapasitas optimal yang bisa dihasilkan dari peralatan yang ada. Apabila Anda memperoleh pesanan pastikan jumlah pesanan Anda sesuai dengan kapasitas produksi yang Anda miliki. 

 

Menentukan lokasi tempat produksi

Untuk awal memulai produksi pergunakan ruangan yang ada di rumah Anda. Misal ruang dapur untuk proses produksi, ruang keluarga untuk proses pengemasan (packaging) dan gudang peralatan dan bahan bisa menggunakan gudang yang anda miliki saat ini.

  1. Menentukan layout produksi mulai tempat bahan baku sampai dengan produk akhir

Untuk layout disesuaikan dengan kondisi ruangan yang ada di rumah Anda. Apabila Anda sudah memiliki ruang produksi sendiri yang lebih luas, Anda bisa mulai membuat layout (tata ruang / urutan proses) yang lebih layak. 

  1. Menentukan list peralatan produksi yang utama

Siapkan peralatan produksi yang utama dan wajib Anda miliki. Sifat peralatan ini harus ada dan mandatory. Apabila peralatan ini tidak Anda miliki maka Anda tidak akan bisa melakukan proses produksi Anda. Untuk itu pastikan peralatan utama Anda dalam kondisi prima dan apabila ada kerusakan Anda harus memiliki alternatif penggantinya, sehingga jadwal produksi Anda tidak terganggu. Pilih peralatan Utama yang terbaik yang Anda bisa beli dan tetap sesuaikan dengan anggaran atau budget yang Anda miliki.

  1. Menentukan list perlengkapan produksi yang harus dimiliki

Sifat dari perlengkapan produksi ini ada yang harus ada dan ada yang sifatnya tidak. Jumlah perlengkapan dan jenisnya sangat ditentukan oleh anggaran (budget) yang Anda miliki. Semakin banyak, lengkap dan bagus perlengkapan yang Anda ingin miliki semakin besar anggaran yang Anda harus sediakan. Saran kami beli secukupkan dan pilih yang sesuai dengan mutu produk yang ingin Anda hasilkan. Jangan besar pasak daripada tiang.

Selamat mencoba dan jangan kalah sebelum berjuang, karena di setiap keterbatasan usaha Anda pastilah akan ada kemudahan dan jalan keluar yang termudah dan terbaik. Tetap semangat dan sukses selalu untuk Anda. 

9

Silahkan login terlebih dahulu untuk mengirimkan komentar.