POSTED: 16 May 2019

Dengan menempuh perjalanan darat kurang lebih 12 jam, sebanyak 15 perwakilan dari SMKN 1 Dumai, Provinsi Riau sengaja datang ke Bogasari Baking Center (BBC) Medan. Perwakilan dari satu-satunya SMK di Dumai yang memiliki jurusan tata boga ini ingin belajar lebih dalam seputar pengolahan makanan dari bahan terigu Bogasari.

“Kami sangat bangga bisa belajar di BBC walau hanya sehari.  Ini sungguh menambah ilmu bagi kami para guru dan siswa. Dan kami satu-satunya sekolah dari Provinsi Riau yang pernah berlatih keluar provinsi dan di BBC Bogasari, yang kami kenal juga sebagai pabrik terigu terbesar di Indonesia,” ucap Dian Dini, Kepala SMKN 1 Dumai yang ikut serta dalam pelatihan Senin (22/4/2019) lalu di BBC Medan.

Selama sehari, mereka mengikuti pelatihan membuat roti, cake dan cookies. Pelatihan dipimpin langsung Kepala Baker BBC Medan Jupiter. Tujuan pelatihan ini untuk menambah wawasan di bidang tata boga dengan bahan dasar tepung terigu.  Alasan berlatih di BBC karena sudah mendengar tidak sedikit para pelaku usaha bakery yang merupakan lulusan BBC. 

“Setelah kami cari informasi kesana kemari, ternyata BBC paling tepat untuk kami dan siswa berlatih. Makanya kami sengaja datang dari jauh dan memakai transportasi darat agar lebih banyak peserta yang bisa dibawa sesuai anggaran yang ada,” ucap Desriyul Fitri, pengajar tata boga SMKN 1 Dumai.

Kepala Sekolah SMKN 1 Dumai juga menambahkan, tujuan dari pelatihan ini juga untuk meyakinkan para siswa dan pihak Dinas Pendidikan Dumai bahwa BBC Medan adalah lembaga pelatihan yang tepat untuk menggelar kerja sama dalam program praktik kerja industri (Prakerin).  Pihaknya memang sedang mengajukan memorandum of understanding (MoU) dengan BBC Medan untuk program Prakerin dalam rangka revitalisasi SMK juran tata boga sebagaimana yang ditetapkan Pemerintah.

“Kami sangat berharap MoU ini bisa terjalin. Bukan hanya untuk memenuhi persyaratan aturan yang ditetapkan Pemerintah, tapi untuk memperlengkapi skill para guru dan siswa kami, bahkan lebih mampu berkompetisi dalam dunia kerja. Bahkan Isnya Allah ada yang mampu jadi pengusaha seperti para alumnus BBC Medan lainnya,” ucap Dian.  

Sukri Effendi Harahap, selaku pimpinan pemasaran Bogasari wilayah Sumatera Utara menyambut baik target dan harapan SMKN 1 Dumai. “MoU-nya sedang diproses di kantor pusat Bogasari.  Program revitalisasi SMK jurusan tata boga merupakan salah satu concern dari Bogasari. Tidak hanya menjadikan lulusan SMK menjadi lebih siap diterima di dunia kerja, tapi juga siap menjadi pelaku usaha seperti para UKM yang merupakan mayoritas pelanggan terigu Bogasari,” ucap Sukri. (JUP/RAP)

0

Silahkan login terlebih dahulu untuk mengirimkan komentar.
Related Artikel