POSTED: 02 November 2018

Untuk yang pertama kalinya, produk terigu Bogasari merek Segitiga Biru meraih penghargaan Halal Top Brand. Penghargaan ini bagian dari Halal Award 2018 yang diberikan  LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia) dalam pembukaan pameran halal internasional Indonesia Halal Expo (Indhex) 2018, Kamis (1/11/2018). Pameran berlangsung 3 hari di Gedung Smesco, Jakarta, mulai 1-3 November 2018 dan merupakan acara tahunan.

Penghargaan Halal Top Brand 2018 disampaikan langsung  Direktur LPPOM MUI, Dr Ir Lukmanul Hakim dan diterima Senior Vice President (SVP) Manufacturing Bogasari Bobby Ariyanto. Bagi Bogasari penghargaan ini tidak sekadar pernyataan bahwa produk yang dihasilkan sudah dijamin kehalalannya, tapi juga komitmen untuk berkontribusi dalam pertumbuhan industri halal di Indonesia.

“Dan penghargaan tersebut diberikan atas dasar survei jajak pendapat, sehingga dapat disimpulkan bahwa masyarakat sudah aware bahwa produk Bogasari terjamin kehalalannya,” ucap Bobby.

Berbagai info tambahan, produk Segitiga Biru merupakan 1 dari 3 merek premium terigu Bogasari yang sudah ada sejak Bogasari berdiri yakni 29 November 1971 atau sudah hampir 47 tahun. Dua merek premium lainnya, Cakra Kembar dan Kunci Biru. Dan semua produk Bogasari sudah mengikuti aturan halal sejak LPPOMUI memberlakukannya. Baik aturan Sertifikat Halal Produk yang sudah berlaku sejak tahun 1990 dan Sistem Jaminan Halal sejak tahun 2011.

Sementara itu, tema yang diangkat dalam Indhex 2018 kali ini adalah ‘Peningkatan Daya Saing UMKM dengan Sertifikasi Halal’. Acara tersebut diselenggarakan atas kerja sama antara LPPOM MUI dengan Smesco. Bogasari mengikuti pameran ini bersama grup Indofood lainnya. Merek produk Indofood lainnya yang mendapatkan penghargaan adalah Indomie, Bimoli, dan Chitato.

LPPOM MUI memberikan penghargaan ini kepada perusahaan yang telah berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan industri halal di Indonesia. Ada 4 kategori penghargaan yang diberikan, yakni Halal Award 2018, yaitu Halal Top Brand, Iklan Halal Terbaik, Produk Halal Pendatang Terbaru, dan Produk UKM Halal Terbaik.  Penghargaan diberikan berdasarkan hasil survei kepada sejumlah responden. Data survei ini dipadukan dengan intensitas sosialisasi halal melalui berbagai media, baik bersama dengan LPPOM MUI maupun secara independen.

Sekitar 40 perusahaan diundang dalam kegiatan Anugerah Halal LPPOM MUI ini. Indhex 2018 juga mengadakan konsultasi dan coaching clinics bagi para pelaku UMKM binaan Smesco dan Kementerian Koperasi dan UKM, serta aneka kegiatan lainnya. Selain itu, LPPOM MUI juga menyelenggarakan Olimpiade Halal, sebuah ajang adu pengetahuan para siswa setingkat SMA tentang halal. Acara itu melibatkan ribuan siswa dari SMA dari dalam dan luar negeri. (RAP)

0

Silahkan login terlebih dahulu untuk mengirimkan komentar.
Related Artikel