POSTED: 12 Desember 2017

PT. Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari kembali memberikan penghargaan kepada para UKM yang menggunakan tepung terigu sebagai bahan bakunya, khususnya bagi UKM mitra Bogasari yang tergabung dalam keanggotaan Bogasari Mitra Card (BMC). 

Acara yang bertajuk Small Medium Enterprise (SME) Award 2017 diadakan di sela-sela penyelenggaraan Bogasari EXPO 2017 di Atrium Jogja City Mall pada Sabtu (9/12) lalu. Penghargaan ini dibagi menjadi 3 kategori, yaitu Silver, Gold, dan Platinum sesuai dengan keanggotaan BMC. Jenis keanggotaan ini dibedakan berdasarkan konsumsi pemakaian terigu Bogasari per bulan. Keanggotaan Platinum untuk konsumsi lebih dari 750 sak/bulan ( 1 sak = 25 kg); Gold untuk konsumsi antara 250 - 749 sak/bulan; dan Silver untuk konsumsi kurang dari 250 sak per bulan.
 
Seleksi awal atau seleksi administratif dilakukan oleh internal Bogasari. Selanjutnya seleksi sebagai nominator yang dilakukan oleh lembaga tepercaya seperti Kementerian Koperasi dan UKM, Bank BTPN, dan Prasetiya Mulia Business School. Dari hasil penilaian juri diperoleh 5 nominator untuk setiap kategori.
 
Ke-15 nominator SME Award 2017 ini tersebar dari beberapa kota di seluruh Indonesia, mulai dari Medan, Payakumbuh, Pekanbaru, Lampung, Jakarta, Bekasi, Bandung, Sukabumi, Pasuruan, Lumajang, Surakarta, Jogjakarta, Kediri, Jombang, sampai ke Jember. Beragam daerah yang menjadi nominator SME Award 2017 menunjukkan bahwa UKM-UKM yang berada di daerah mulai unjuk gigi dan menunjukkan perkembangan bisnis di tiap daerah.
 
Untuk kategori Silver dimenangkan oleh UD Valmay yang berasal dari Yogyakarta yang memproduksi mie kering dengan merk Mie Alamie. Produknya telah tersebar ke seluruh penjuru Indonesia, bahkan sampai ke Australia dengan sistem pemesanan secara online. Sedangkan 4 nominator lainnya adalah Dapur Donat Madu dari Jakarta, Pia Kacang HM dari Sukabumi, Mila Bakery dari Bekasi, dan Bakpao Liong Yen dari Surakarta.
 
Untuk kategori Gold dimenangkan oleh UD Purnama Jati yang mengembangkan pangan khas Jember berbahan dasar tape. Produknya sudah terkenal seantero Jember karena merupakan oleh-oleh khas Jember, yaitu Prol Tape. 4 nominator lainnya adalah Mie Cahaya dari Payakumbuh, King Banana dari Jombang, UD Tiga Putra dari Lumajang, dan Bakpia Latief dari Kediri.
 
Sedangkan untuk kategori Platinum dimenangkan oleh Mawar Bakery & Cake dari Medan. UKM ini menghasilkan produk beragam jenis roti dan cake, dimana dalam sebulannya Mawar Bakery & Cake mengkonsumsi 1450 zak tepung terigu Segitiga Biru dan Cakra Kembar Emas. Untuk 4 nominator lainnya adalah Roti CA dari Lampung, Roti Sri Rejeki dari Bandung, Mami Pia & Cookies dari Pasuruan, dan Mie Musbar dari Pekanbaru. 
 
Sebagai bentuk apresiasi dari pertumbuhan para UKM ini, Bogasari menyiapkan penghargaan dan hadiah 20 juta rupiah untuk setiap pemenang masing-masing kategori, dan 7,5 juta rupiah untuk para UKM yang menjadi nominator di masing-masing kategorinya. ***
1