POSTED: 02 Januari 2018

PT. Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari mengadakan Baking Demo bagi anggota Lapak Kue Purwakarta dan masyarakat sekitar. Acara diadakan di Kantor Kepala Desa Cilandak, Kecamatan Cibatu, Purwakarta pada Sabtu (23/12). Sekitar 60 orang hadir memadati ruang serbaguna yang disulap menjadi ruang demo membuat roti. Walaupun sinar matahari terik dan hawa yang cukup panas, masyarakat sekitar dan anggota komunitas Lapak Kue sangat antusias mengikuti acara demi acara dalam baking demo kali ini.

Menurut founder dan CEO Komunitas Lapak Kue Purwakarta, Budi Irawan, penduduk Desa Cilandak ini masih kekurangan pengetahuan soal menu-menu kue yang bisa dijual di pasaran karena sampai saat ini yang dijual oleh masyarakat sekitar hanya kue sederhana, seperti gorengan, donat, maupun kue-kue basah. Budi berharap dengan hadirnya Bogasari, maka dapat memberi pengetahuan baru bagi para peserta yang hadir di acara ini.

Sedangkan Ibu Kepala Desa yang merangkap sebagai Ketua Penggerak PKK Desa Cilandak, Lusi Septiani, menambahkan dengan adanya acara baking demo dari Bogasari, ibu-ibu yang hadir tidak hanya mampu membuat resep kue dan roti baru, melainkan ke depannya bisa menjadi mata pencaharian untuk menambah penghasilan bagi setiap rumah tangga.

Dalam baking demo kali ini, Chef Babun dari Bogasari Baking Center Jakarta menyajikan resep Steam Orange Cake dan Keju Lilit Donat. Wajah-wajah serius tampak dari peserta yang hadir, dimana setiap instruksi dari Chef Abun diperhatikan dan beberapa peserta tampak mencatat di buku resepnya.

Tentang Komunitas Lapak Kue Purwakarta

Komunitas Lapak Kue Purwakarta belum genap 1 tahun, yaitu didirikan pada 4 Januari 2017 dan sampai saat ini sudah ada 18 anggota komunitas yang setiap harinya membuka usaha jualan kue dan roti yang tersebar di beberapa titik di sekitar Purwakarta, Cikampek, bahkan ada 1 anggota yang membuka lapaknya di daerah Poltangan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Konsep sederhana dari program lapak kue adalah menyerukan warga sekitar lapak, khususnya ibu-ibu dan remaja yang kurang produktif dengan mengumpulkan hasil olahan ibu-ibu rumah tangga di sekitar lapak yang dikelola secara integrasi dengan sistem konsinyasi. Para ibu-ibu yang menitipkan produknya bebas berkreasi membuat kue-kue sehat higienis dan layak jual. Bahkan sebagian keuntungan dari penjualan digunakan untuk memakmurkan tempat ibadah di sekitar lapak.

Lapak Kue ini buka setiap hari mulai pukul 04.40 WIB dan tutup pada jam 09.30 WIB. Sedangkan di bulan suci Ramadhan buka mulai pukul 16.00 sampai pukul 18.00 WIB. ***

 

0
Artikel Berhubungan