POSTED: 27 Agustus 2019

Palembang tak hanya menjadi kota pertama penyelenggaraan Festival Mie Bogasari 2019 di Pulau Sumatera, tapi juga festival pertama yang dihadiri langsung gubernur dan istri. Seperti yang tampak di lokasi acara di halaman Kantor Sumatera Selatan (Sumsel), Minggu (25/08/2019), Gubernur Sumsel Herman Deru beserta istri, Febrita Lustia Deru tidak hanya membuka acara tapi ikut meramaikan acara. Meracik mie ayam di gerobak penjaja, menyapa para penjaja, berdialog dengan peserta lomba mewarnai, bahkan sempat ikut senam pagi.

Selain Gubernur Sumsel, sejumlah pejabat Pemerintahan Provinsi Sumsel juga hadir. Antara lain Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumsel, H Akhmad Yusuf Wibowo. Selama di lokasi acara, Wakil Kepala Divisi Bogasari Erwin Sudharma dan Ketua Paguyuban Mie Kempal (Kelompok Mie Palembang) Sukirno ikut mendampingi.

Festival kali ini menyajikan 3.000 porsi mie dengan harga Rp 5.000. Acara yang diprakarsai Bogasari dan Paguyuban Mie Kempal (Kelompok Mie Palembang) ini bertujuan untuk lebih mendekatkan mie ayam dengan masyarakat Palembang. “Setelah 4 kota sebelumnya kami adakan di Jawa, kali ini kami adakan Festival Mie di Sumatera tepatnya di Kota Palembang. Melalui acara ini kami kenalkan mie ayam sehat milik mitra kami yang tergabung dalam Paguyuban Kempal” jelas Erwin.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumsel Herman Deru pun mengucapkan terima kasih kepada Bogasari serta mengajak untuk bersama-sama memperkenalkan berbagai makanan yang ada di wilayah Sumsel. Terutama makanan berbahan dasar terigu hasil kreasi para UKM yang belum banyak diekspose di beberapa wilayah di Sumsel.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bogasari telah mengadakan acara ini. Kalau bisa, kami juga ingin memperkenalkan berbagai makanan lokal di wilayah Sumsel” ucap Herman Deru.

Istri Gubernur juga berharap ke depannya, bisa berkolaborasi dengan Bogasari dalam berbagai kegiatan kuliner. Bahkan dalam pembinaan UKM dan para Ibu PKK binaan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Berbeda dengan 4 kota sebelumnya, festival mie di Palembang dimulai dengan acara jalan sehat sejauh 2 km dengan hadiah undian 3 setrika, 2 rice box, 2 dispenser, 3 kipas angin, 2 magic com, dan 1 sepeda gunung sebagai hadiah utama. Acara dilanjutkan dengan lomba mewarnai “Gerobak Mie” untuk anak TK, lomba kreasi mie dan  lomba cepat makan mie.

 “Alhamdulillah, senang sekali saya bisa dapat hadiah ini. Sering-sering Bogasari mengadakan acara seperti ini di Palembang, selain perut kenyang, kalau menang bisa buat hati senang” ucap Mutia, pemenang hadiah utama jalan sehat.

Lomba mewarnai untuk anak TK berhasil dimenangkan Zara (Juara 1), Zaskia (Juara 2) dan Raka (Juara 3). Sedangkan untuk lomba kreasi mie berhasil dimenangkan Ida Rosita dan Harsiawati dari Komunitas BCP (Bread, Cake and Pastry) Palembang dengan nama kreasi “Parade Ball Mie Kemerdekaan”, Nani dan Veni  dengan nama kreasi “Mie Bola Ayam”, lalu Miranti dan Yuli dengan nama “Mie Goreng Selimut Kemerdekaan”.

Masing-masing juara 1,2,3 lomba mendapatkan uang tunai Rp 500 ribu, Rp 300 ribu, dan Rp 200 ribu beserta piala. Untuk lomba cepat makan mie bagi pengunjung, terbagi dalam 3 sesi. Tiap sesi diambil 1 pemenang yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp 200 ribu.

Sukirno, Ketua Paguyuban Kempal tidak menyangka kalau festival mie di daerahnya begitu semarak. Seluruh dagangan 30 penjaja yang hadir, sebanyak 3 ribu porsi ludes terjual. Setiap penjaja juga mendapatkan hadiah kompor gas 1 tungku. Sedangkan 6 pengrajin mie yang turut berpartisipasi yakni Mie Berkah, Mie Soker, Mie Serasi, Mie Dzohir, Mie Karsiman, dan Mie Mujianti diberi 1 unit freezer sebagai bentuk apresiasi dari panitia.

Pada festival kali ini juga, terdapat 2 gerobak favorit yang dipilih langsung oleh pengunjung yang hadir, yakni gerobak no 12 (Mie Ayam Jozz) dan gerobak no 17 (Mie Ayam Karsiman). Masing-masing berhak membawa pulang 1 unit kipas angin. “Kami ingin semua yang terlibat di acara ini merasa senang dan gembira. Jika nanti akan diadakan acara serupa, mereka tetap semangat dan masih mau berkontribusi,” jelasnya. (EGI/RAP)

0

Silahkan login terlebih dahulu untuk mengirimkan komentar.
Artikel Berhubungan