POSTED: 08 September 2017
Kegiatan yang rutin dilaksanakan ini digelar di kota-kota besar di Indonesia seperti di Padang, Jakarta, Purwokerto, Bandung, Cirebon, Bogor, dan Medan. Acara yang bertujuan mencetak tenaga kerja muda yang kreatif, terampil, inovatif, dan mempunyai jiwa enterpreneur ini telah dimulai di Kota Padang pada tanggal 16 Agustus 2017 di Universitas Negeri Padang.
 
Sebagai kota yang pertama kali mengikuti LCKR, antusias para siswa-siswi SMK sangatlah tinggi. Terlihat dari banyaknya sekolah yang mendaftar. Namun, setelah tahap seleksi, terpilih 10 tim yang dapat mengikuti LCKR 2017 kali ini. Diantaranya adalah SMKN 1 Enam Lingkung, SMKN 1 Sijunjung yang mengirimkan 2 tim, SMKN 2 Lubuk Basung, SMKN 1 Bengkulu Selatan, SMKN 6 Padang, SMKN 7 Sijunjung, dan SMKN 2 Bukit tinggi yang mengirimkan 3 timnya. 
 
Berbagai macam kreasi resep yang kreatif juga telah mereka ciptakan. Sebut saja “Kerucut Rendang Suri” karya Adha Pratiwi dan Winda Amelia dari SMKN 6 Padang yang menjadi juara pertama. Ataupun SMKN 2 Lubuk Basung yang menjadi juara kedua dengan resep andalan mereka yaitu “Pie Mie Sayuran”. Serta “Puff Pastry With Spone Cheese” ciptaan Genty Hikmatilla dan Afiffah Sri Rahmadani dari SMKN 2 Bukit tinggi yang meraih juara ketiga. 
 
Tidak hanya mengandalkan resep, penilaian peserta juga dilihat dari presentasi bisnis plan yang telah mereka rancang untuk produk buatan mereka.
 
Adapun harapan satu LCKR 2017 di wilayah Padang diduduki SMKN 1 Sijunjung dengan resep “Kue Lumpur Kacang Ijo” dan SMKN 1 Bengkulu yang harus puas di posisi harapan dua dengan kreasi resep mereka yaitu “Banana Milk Crispy”, serta diposisi harapan ketiga adalah SMKN 1 Enam Lingkung dengan nama produk “Pandan’s Bread Durian”.
 
LCKR juga telah berlangsung di kota Jakarta pada tanggal 22 Agustus 2017 di SMKN 27. Tercatat terdapat sembilan SMK yang berpartisipasi dalam kompetisi memasak LCKR 2017 kali ini yaitu dari SMK Patria Wisata, SMK Santa Maria, SMKN 27, SMKN 30, SMKN 32, SMKN 37, SMKN 57, dan SMKN 60. Masing-masing SMK mengirimkan satu tim, kecuali Santa Maria mengirimkan 2 tim.
 
Untuk juara pertama di LCKR wilayah Jakarta dimenangkan oleh Ananda Dzakaria Fahirah dan Nadya Praditha dari SMKN 27 Jakarta dengan resep mereka yang bernama “Bir Pletok Pannacota Pie:. Adapun juara kedua dimenangkan oleh Achmad Farhan M dan Serley Anggraini Goutama dari SMKN 60 dengan nama produk “Kue Ketawa Nampol”, serta juara ketiga dimenangkan oleh Ferren Millennia Sandra dan Sharone dari SMK Santa Maria dengan nama produk “Semprong Black Sesame.”
 
Para juara LCKR Bogasari 2017 wilayah Padang maupun Jakarta ini mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 5 juta untuk juara 1, Rp 4 juta untuk juara 2 dan Rp 3 3 juta untuk juara 3. Ditambah sertifikat dan bingkisan dari Bogasari. Nantinya, tim SMKN 6 Padang dan SMKN 27 Jakarta akan ikut dalam final LCKR 2017 yang melibatkan juara satu dari lima kota lainnya seperti di Purwokerto, Bandung, Cirebon, Bogor, dan Medan. Mereka akan dipertandingkan untuk merebut juara satu nasional dengan hadiah 7 juta rupiah. Dan LCKR berikutnya akan berlangsung di Purwokerto pada tanggal 5 September 2017. (Kareem Natakusumah)

 

0
Artikel Berhubungan