_ Informasi Produk | Bogasari

Informasi Produk

PRODUK SEKILAS

Terigu merupakan produk utama dari PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. divisi Bogasari. Selain terigu PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. divisi Bogasari juga menghasilkan pasta. Sedangkan hasil samping (by product) dari proses penggilingan gandum menjadi terigu tersebut adalah bahan-bahan yang banyak digunakan untuk pakan ternak dan keperluan industri kayu lapis.
 
Tepung Terigu
  • Tepung terigu adalah bahan yang diambil (ekstrak) dari bagian dalam (endosperm) biji gandum, berwarna putih sedikit kekuningan dan mengandung protein yang disebut gluten. Gluten inilah yang membedakan tepung terigu dengan tepung jenis lain, seperti tepung beras, tepung kentang, dan lain-lain. Gluten merupakan protein yang tidak larut dalam air, bersifat kenyal dan elastis. Pada adonan roti, gluten berfungsi untuk menahan adonan pada saat mengembang sehingga strukturnya kokoh dan tidak mengecil kembali. Sedangkan pada mi, gluten menentukan tingkat kekenyalan dan elastisitas mi. Gluten ini pula yang turut menentukan kualitas dari produk biscuits, cookies dan wafer.

    Pada umumnya, semakin tinggi kadar protein suatu terigu maka kadar glutennya juga semakin besar. Kadar gluten dari terigu biasanya tergantung dari jenis gandum yang digunakan.

    Ketepatan penggunaan jenis tepung sangat penting dalam pembuatan suatu makanan. Cakra Kembar yang merupakan tepung terigu berprotein tinggi sangat ideal untuk pembuatan roti dan mi. Sedangkan Segitiga Biru yang merupakan terigu berprotein sedang sangat cocok untuk membuat aneka makanan. Untuk membuat produk cake (sponge cake, chiffone cake), biscuit dan wafer paling cocok menggunakan terigu Kunci Biru yang merupakan terigu berprotein rendah. Terigu Lencana Merah cocok digunakan untuk membuat aneka makanan dan jajan pasar.

    Selain memproduksi tepung terigu yang sudah secara reguler beredar di pasar, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. divisi Bogasari juga memproduksi tepung terigu yang customize atau produk khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing customer.
Pasta
  • Selain terigu, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. divisi Bogasari juga memproduksi pasta dengan merk La FontedanSedani. Pasta adalah suatu jenis makanan berasal dari Itali yang terbuat dari semolina. Semolina sendiri adalah sejenis tepung hasil olahan biji gandum dengan granulasi yang lebih kasar. Jenis pasta yang dikenal di Indonesia adalah spaghetti dan macaroni. Pasta dari Bogasari dibuat dari gandum pilihan dan diolah dengan mesin berteknologi tinggi sehingga menghasilkan pasta La Fonte dan Sedani yang berkualitas tinggi. Selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, Bogasari juga mengekspor produk pasta ke beberapa negara seperti : Jepang, Korea, Philipine, Hong Kong, Thailand, Malaysia dan Bahrain.
By Product
  • Hasil samping dari proses penggilingan gandum adalah produk-produk berupa bran cap Kepala Kuda, pollard cap Angsa, bran pollard pellet, serta Indutrial flour cap Anggrek dan tepung aquamarine cap Arwana

    Bran adalah bagian terluar dari kulit gandum. Produk ini berupa serpihan kasar dan banyak digunakan sebagai bahan pakan ternak besar seperti kuda, unta dan lain-lain. Sedangkan pollard terbuat dari kulit gandum bagian dalam, yang berupa serpihan dengan ukuran yang lebih kecil dari bran. Pollard digunakan sebagai pakan ternak domba, babi, dan lain-lain; cocok juga untuk pakan ternak unggas. Jika bran dan pollard dicampurkan dan diproses lebih lanjut menjadi pellet, maka disebut bran pollard pellet cap Kepala Sapi. Pellet jenis ini banyak digunakan sebagai salah satu bahan pada industri pakan ternak.

    Tepung industri cap Anggrek merupakan tepung yang berasal dari bagian sisi luar endosperm biji gandum dan bagian dalam dari kulit gandum. Tepung ini banyak digunakan pada industri kayu lapis. Sedangkan tepung aquamarine cap Arwana merupakan tepung yang dikhususkan sebagai salah satu bahan pembuatan pakan ikan. Tepung cap Arwana mengandung gluten yang berperan sebagai pengikat, sehingga pada saat pakan ikan berada di air maka bentuknya akan bertahan dan mengapung untuk beberapa saat sebelum terlarut.



SHARE HALAMAN INI