POSTED: 30 Oktober 2019

 

1. Pakai bahan-bahan berkualitas

Bahan adonan terdiri dari terigu, ragi, mentega, dan air. Untuk terigu, pakai Tepung Tangmien atau terigu Segitiga Birusupaya tekstur bakpao bisa halus dan empuk.

Selain itu, pastikan ragi yang dipakai pun masih aktif bekerja. (Cara Mengetes ragi...siapkan gelas berisi 1/4 air hangat kuku, beri seujung sendok teh ragi dan gula pasir. Biarkan 10-15 menit, jika masih mengeluarkan gelembung, berarti ragi masih menghasilkan gas Co2, berarti ragi masih berfungsi).

2. Ayak bahan kering

Resep-resep kue seringkali memberi saran untuk mengayak bahan kering sebelum dicampurkan pada bahan basah, tak terkecuali untuk bakpao. Mengayak bahan bertujuan untuk menguraikan bahan-bahan kering yang menggumpal

3. Uleni adonan sampai kalis

 Uleni adonan hingga kalis elastis sebelum diberi isian. Adonan sudah dianggap kalis elastis jika teksurnya halus, tidak lengket di tangan, dan lentur tidak mudah sobek saat ditarik dari dua sisi.

4. Istirahatkan adonan

Istirahatkan dahulu adonan yang sudah kalis  sebelum diberi isian dan dikukus. Tujuannya supaya adonan lebih mudah dibentuk (dipipihkan dan diberi isian) dan teksturnya bisa bagus saat selesai dikukus nanti, lama sekitar 10-15 menit (tutupi dengan plastik ya....)

5. Timbang dan bulatkan adonan

Timbang adonan dengan berat yang dikehendaki, kemudian bulatkan. Memberi bentuk yang seragam sebelum diisi dengan bahan isi. Kemudian istirahatkan lagi selama 10 menit ( tutupi dengan platik ya....)

6. Isi bakpao

isi Bapao dengan isian yang agak kering, jangan diisi dengan isian yang mengandung banyak air. Selain mempermudah proses pengisian, isian yang masih mengandung air telalu banyak melah membuat bapao tidak empuk dan bapau kurang mengembang

7. Kukusan harus sudah panas

Pastikan air rebusan di bagian bawah dandang sudah mendidih dan uap panas mengebul keluar ketika anda membuka tutup pancinya. Atur adonan bakpao  supaya tidak terlalu berdekatan. Lapisi tutup panci dengan serbet atau kain yang tidak tembus air, lalu tutup dan kukus bakpao hingga matang. Bapao siap disajikan dalam kondisi panas.

Selamat mencoba

Henry Ananto

BBC Kediri

0

Silahkan login terlebih dahulu untuk mengirimkan komentar.
Artikel Berhubungan