POSTED: 19 September 2019
      1. Gunakan terigu protein rendah Kunci Biru untuk mendapatkan tekstur yang lembut. Apabila Chiffon Cake ditambahkan isian semacam keju, kismis atau chocolate chip sebaiknya menggunakan terigu protein sedang Segitiga Biru untuk menahan isian agar tidak banyak yang turun.
      2. Di resep Chiffon Cake biasanya ada bahan cairnya bisa menggunakan air, santan atau susu segar sesuaikan dengan rasa Chiffon Cake nya
      3. Untuk bahan lemak gunakan minyak sayur agar tekstur cake lebih ringan tidak padat.
      4. Pastikan baskom dan mikser yang digunakan untuk mengocok putih telur dalam keadaan kering tidak berair atau berminyak. Lemak dan air yang menempel pada alat dan baskom bisa menyebabkan kocokan putih telur tidak bisa mengembang kaku.
      5. Gunakan sedikit Cream of Tartar atau air jeruk nipis/lemon  untuk mempertahankan kocokan putih telur agar tidak mencair kembali.
      6. Setelah kocokan putih telur mengembang masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sampai habis sambil terus dikocok dengan kecepatan tinggi agar putih telur mengembang dan kaku.
      7. Gunakan gula halus untuk mengocok kuning telur agar tekstur lebih halus lalu tambahkan terigu (bahan kering) bersama bahan cair dan minyak sayur. Aduk perlahan agar tidak terbentuk gluten yang menyebabkan cake menjadi padat.
      8. Campurkan adonan putih telur yang sudah kaku ke dalam adonan kuning telur secara bertahap agar lebih merata. Aduk perlahan agar putih telur tidak mencair kembali.
      9. Siapkan loyang Chiffon cake tanpa dioles sama sekali agar chiffon tidak menyusut didalam loyang.
      10. Tuang kira-kira setengah loyang saja karena Chiffon Cake bisa mengembang tinggi.
      11. Masukkan kedalam oven yang sudah dipanasi sebelumnya. Suhu oven rata-rata 160 – 180oC selama 45 – 60 menit.
      12. Untuk mengetahui kematangan Chiffon Cake bisa ditusuk dengan lidi tipis yang bersih. Saat menusuk dengan lidi, biarkan Chiffon Cake tetap di atas rak oven, jangan dikeluarkan, tusuk setelah waktunya 45 menit. Jika tidak ada adonan yang melekat di lidinya berarti Chiffon Cake sudah matang.
      13. Keluarkan dari oven dan dinginkan cake dalam keadaan terbalik untuk menghindari penyusutan. Lepaskan dari loyang jika Cake sudah benar-benar dingin.
      14. Saat mengeluarkan Chiffon Cake dari cetakan, gunakan pisau panjang yang tipis. Selipkan pisau diantara pinggir loyang dan cake, kemudian gerakkan memutar mengelilingi tepi loyang. Jangan digerakkan naik turun / ditusuk-tusuk agar pinggir Cake tetap rapi.
0

Silahkan login terlebih dahulu untuk mengirimkan komentar.
Artikel Berhubungan