_ Tips Penyebab Cake dan Kue Sering Gagal | Bogasari

Tips Penyebab Cake dan Kue Sering Gagal

0
Ada kalanya cake yang Anda buat tidak berhasil? Padahal Anda sudah melakukan langkah-langkah sesuai petunjuk di resep.
 
Hehehe.. tenang, jangan panik, pasti ada solusi untuk ini. Seringkali hal-hal yang dianggap remeh tersebut sangat berpengaruh dalam hasil akhir cake tersebut.
 
Berikut adalah tips yang sangat penting yang perlu Anda lakukan, agar hasil cake Anda bagus. Mari disimak:
 
 
Olesi Loyang dengan Mentega/Margarin
 
Loyang harus di olesi dengan margarin/mentega terlebih dahulu. Hal itu harus dilakukan agar cake terlihat cantik dan mudah untuk dikeluarkan dari dalam Loyang. Kalau cara diatas tidak Anda lakukan, tentu kue akan lengket dan  sangat susah mengeluarkan dari dalam Loyang. Tidak hanya kuenya saja yang rusak, tetapi loyang Anda juga lama-lama akan rusak.
 
Lapisi Loyang dengan Kertas Roti

Anda juga sebaiknya melapisi loyang dengan kertas roti, terutama untuk roti dengan adonan mentega. Tujuannya yaitu agar cake mudah dikeluarkan dari dalam loyang. Walaupun Anda sudah mengolesi loyang dengan mentega dan terigu, sebaiknya lapisi juga dengan kertas roti agar hasilnya maksimal.
 
Sebelum Memanggang Ketuklah Loyang Terlebih Dulu

Setelah adonan siap dan permukaannya rata, ketuklah loyang tersebut agar gelembung udara dalam adonan bisa keluar dan mencegah terjadinya cake kempis, permukaanya berpori dan bantat.
 
Ratakan Permukaan Adonan
 
Biasakan meratakan permukaan adonan setelah dituangkan dalam loyang. Tujuannya adalah agar cake menjadi cantik setelah matang, serta mencegah timbulnya banyak lubang udara dipermukaan cake.
 
Jangan Pernah Membuka Pintu Oven Pada Saat Memanggang
 
Kadangkala karena penasaran kita sering membuka oven untuk melihat hasil kue kita, padahal itu adalah tindakan yang salah, karena kue Anda bisa menjadi kempis dan gagal. Untuk pengecekan kue, lakukan di luar melalui kaca oven saja. 
 
 
Loyang Jangan Terlalu Penuh
 
Jangan mengisi loyang hingga penuh, selalu sisakan ruang kosong 1-2 cm pada tinggi loyang terutama untuk cake-cake yang mengembang. Jika anda mengisinya penuh maka cake akan meluber keluar loyang dan tentunya mengotori oven.
 
Jangan Memenuhi Oven
 
Jika Anda mempunyai oven yang besar dan Anda sedang memanggang 3 cake, biasanya kita akan tergoda untuk memenuhi oven dan memanggang semua sekaligus. Oven yang memanggang lebih dari 2 loyang sekaligus, maka oven suhunya akan menurun sehingga hasil cakenya tidak sempurna matangnya. 
 
Pangganglah cake dengan cara bergantian saja, dan tempatkan loyang ditengah-tengah oven, bukan diatas sendiri ataupun di bawah sendiri, agar suhunya seimbang dan matangnya sempurna.
 
Jangan Terlalu Cepat Mengeluarkan Cake dari dalam Oven

Mengeluarkan cake terlalu cepat sebelum waktu pemanggangan selesai, maka cake akan kempis setelah diluar.
Pastikan matang dulu, baru dikeluarkan dari oven.
 
Cara mengecek apakah kuenya sudah matang, yaitu dengan menusukkan lidi didalam cake, roti yang sudah matang akan membuat lidi menjadi licin. Setelah yakin sudah matang tambah proses pemanggangan 3-5 menit  lagi agar kuenya matang dengan sempurna.
 
Jangan Mendinginkan Cake

Cake yang baru keluar dari loyang perlu waktu untuk dingin secara alami, biarkan beberapa waktu hingga permukaannya mengeras.
 
Jangan langsung memasukkan kue kedalam kulkas, karena perubahan suhu panas ke dingin tersebut menyebabkan kue jadi lengket dengan loyang.


Ilustrasi foto: americastestkitchenfeed.com
0 Comments
Add Comment
SHARE HALAMAN INI
322