_ Tips Resep Roti | Bogasari

Tips Resep Roti

2

Bahan dan Ragam Resep Roti

Resep roti adalah resep dari jenis makanan yang berbahan dasar tepung terigu dan air yang difermentasikan oleh ragi. Roti sudah populer sebagai salah satu makanan pokok di banyak negara Barat. Namun belakangan ini, makanan yang memiliki karbohidrat tinggi ini juga mulai populer di Indonesia dan bahkan telah menjadi makanan pokok bagi beberapa kalangan masyarakat Indonesia, terutama bagi masyarakat modern dan kalangan remaja serta anak-anak.

Seperti yang sudah disebutkan, bahan utama dalam resep roti adalah tepung terigu dan air. Namun tidak semua jenis tepung terigu bisa digunakan dalam mengolah sebuah resep roti. Jenis terigu yang umum digunakan dalam mengolah resep roti adalah tepung terigu dengan kandungan gluten atau protein yang tinggi. Hal ini berguna agar adonan dari resep roti tersebut dapat mengembang sempurna dan empuk.

Seiring dengan kemajuan teknologi manusia selain dari terigu dan air, bahan-bahan resep roti pun berkembang dan bertambah untuk menambahkan kadar protein dan rasa-rasa tertentu. Tambahan bahan-bahannya antara lain telur, garam, gula, mentega, minyak, ragi roti dan soda kue. Bahan-bahan resep roti ini berfungsi untuk mendapatkan roti yang mengembang sempurna, lembut, dan tentunya lezat.

Jenis roti saat ini sangat beragam, begitu juga dengan resep roti. Berbagai rasa dan jenis roti dibarengi dengan perkembangan dunia kuliner menjadikan resep roti makin bervariasi dengan isi dan jenisnya. Secara umum saat ini roti dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu roti tawar, roti manis dan roti isi.

·       Roti tawar

Sesuai dengan namanya, roti ini memiliki rasa tawar. Biasanya roti jenis ini digunakan sebagai roti sandwich atau dapat juga dikonsumsi dengan tambahan olesan selai atau mentega. Resep roti jenis ini biasanya tidak banyak menggunakan gula. Hal yang perlu diperhatikan dalam tahap akhir resep roti ini adalah jangan potong roti saat masih panas, melainkan tunggu dingin terlebih dahulu.

 

·       Roti manis

Untuk menghasilkan rasa manis, resep roti jenis ini menggunakan gula lebih banyak dari resep roti lainnya. Rasa manis pada jenis roti bukan hanya dapat diperoleh dari gula, ada beberapa olahan resep roti jenis ini yang juga menambahkan rasa manis dari buah-buahan atau bahan makanan lainnya yang memiliki cita rasa manis.

 

·       Roti isi

Resep roti jenis ini pada dasarnya sama dengan resep roti biasa lainnya. Hal yang membedakannya adalah pada resep isiannya yang dapat dikreasikan sesuai selera. Saat ini roti isi yang populer adalah roti isi coklat, keju, srikaya, dan daging.

Dari beberapa jenis roti di atas, apakah para FansBoga tertarik untuk mencoba membuatnya? Jika ya, FansBoga bisa langsung mencari resep roti terbaru persembahan Bogasari dan mempraktekkannya langsung di rumah lho! Selamat berkreasi!

0 Comments
Add Comment
SHARE HALAMAN INI
351