POSTED: 23 November 2020

Demi membangkitkan kembali iklim usaha di Sampang, Madura, Paguyuban Makanan dan Minuman (Mamin) Sekkar Potte mengadakan pelatihan membuat mie ayam, Minggu (22/11/2020). Pelatihan gratis ini digelar di tempat usaha salah satu anggota paguyuban, yakni Mekar Catering. Tepatnya di Jalan Kenanga 8, Kelurahan Dalpenang, Sampang, Madura.

“Setelah  tidak ada kegiatan selama kurang lebih 8 bulan, akhirnya kami bisa melaksanakan kegiatan ini atas dukungan Bogasari. Sebagai lembaga swadaya, kami perlu dukungan berbagai pihak dalam melaksanakan setiap kegiatannya. Terima kasih Bogasari telah mau mendukung kami selama ini,” ucap Anis Syafitrie, Ketua Paguyuban Sekkar Potte

Paguyuban ini mengundang Pramu, Ketua Paguyuban Mie Ayam Surabaya sekaligus pemilik Mie Ayam Jago sebagai pemateri. “Selain karena kami sudah kenal sebagai sesama pengurus paguyuban binaan Bogasari, kami percaya dan yakin dengan keilmuan dan pengalaman beliau di bidang mie. Beliau juga terbuka dan tidak pelit ilmu,” ujar Anis.

Selama 6 jam, sejak pukul 9 pagi Parmu berbagi ilmu membuat mie ayam Solo, mie ayam Jakarta, dan mie ayam geprek. “Walau digelar cukup lama, peserta yang hadir nampak antusias sekali mengikuti pelatihan ini dari awal sampai akhir. Terlihat dari banyaknya yang bertanya selama pelatihan,” tambah Anis.

Peserta yang hadir 30 orang atau 50% dari kapasitas tempat. Mereka berasal dari 5 kecamatan, yakni K ecamatan Sampang, Torjun, Pengarengan, Ketapang, dan Omben. Acara ini sengaja dibuka untuk umum, karenanya tidak semua peserta adalah anggota paguyuban Sekkar Potte. Ada pelaku wirausaha baru, pengusaha katering, dan pedagang mie yang sudah eksis.

“Untuk anggota paguyuban pun, kami pilih lagi khusus yang bergerak di bidang katering. Karena kami berharap peserta bisa mengimplemantasikan ilmu ini dalam usahanya. Sayang ilmunya kalau tidak diimplemantasikan,” jawabnya.

Karena masih dalam masa pandemi, selama pelatihan baik panitia maupun peserta wajib mematuhi protokol kesehatan. Peserta juga bisa mencicipi langsung mie yang dibuatnya.

Anis berharap dengan adanya pelatihan ini lahir pengusaha baru dan bisa meningkatkan kembali semangat anggota paguyuban Sekkar Potte untuk mengembangkan usahanya. Rencananya kegiatan serupa akan digelar lagi tahun depan dengan skala yang lebih besar. Semoga pandemi Covid-19 ini cepat berlalu agar kegiatan bisa terlaksana. (EGI)

0

Silahkan login terlebih dahulu untuk mengirimkan komentar.
Artikel Berhubungan