POSTED: 19 Februari 2021

Webinar KIAT (Kunci Informasi dan Teknologi) seri ke-2 yang digelar Bogasari kembali meraih sukses. Setelah di seri pertama menghadirkan Fitria Hadiah, pemilik Juara Snack yang sukses berjualan secara online, kali ini menggandeng 2 pembicara sekaligus. Mereka adalah Sarah Lucia, Merchant Marketing Manager Go-Food dan Sony Arca Adryanto, pemilik Martabak Pizza Orins.

Webinar KIAT seri ke-2 yang digelar Selasa (16/2/2021) dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting ini diikuti sekitar 360 partisipan, yang merupakan UKM mitra Bogasari dari berbagai daerah.  Sesuai topik “Delivery Online”, kedua pembicara membagikan tips dan trik kepada para UKM agar bisa bersaing dan sukses berjualan di Go-Food.

“Sesuai visi acara KIAT go digital dan misi bangkit di era pandemi, Bogasari sengaja menghadirkan perwakilan dari Go-Food dan mitra UKM yang sudah sukses memanfaatkan delivery online, yakni Martabak Pizza Orins,” ucap Ivo Ariawan, Senior Vice President Marketing Bogasari dalam sambutannya. Ivo juga berharap mitra UKM Bogasari bisa mengadaptasikan bisnisnya dengan perkembangan zaman agar bisa bertahan, bahkan meningkat.

Usai sambutan pembukaan dari Bogasari, Sarah dari Go-Food menjadi pembicara pertama yang menyampaikan berbagai hal mulai dari cara mendaftar di Go-Food hingga berbagai tips dan  trik dalam berjualan secara online.  Ia menyarankan kepada UKM untuk mendaftar di Go-food diawali dengan mengunduh aplikasi Go Biz di playstore.

“Jangan lupa menyiapkan hasil scan beberapa  dokumen seperti KTP, NPWP (Optional), nomor rekening, e-mail yang aktif, dan nomor ponsel aktif. Dokumen ini merupakan data dasar yang harus diberikan bapak-ibu apabila ingin menjadi mitra usaha Gojek,” papar Sarah.

Setelah itu akan diverifikasi admin Gojek dan verifikasi langsung alamat usaha melalui mitra driver Gojek yang ada di sekitar alamat usaha Mitra UKM Bogasari. Ia menyarankan mitra UKM Bogasari menempatkan plang atau nama usaha di depan tempat produksi / jualan sebelum mendaftar menjadi mitra Go-Food.

“Pemberian plang Ini bertujuan untuk memudahkan driver dilapangan saat melakukan verifikasi. Untuk tips dan trik agar usaha bapak ibu bisa bersaing di Go-Food secara garis besar saya golongkan menjadi 3. Pertama buat konsumen ngidam, buat promosi biar cuan, dan ajak pelanggan balik lagi,” saran wanita muda ini.

Sedangkan Sony pemilik Martabak Pizza Orins lebih memaparkan pengalamannya membangun usahanya sejak tahun 2011 dan sukses memanfaatkan sarana delivery online Gojek sejak tahun 2015. Lebih lengkap kisah usaha Martabak Pizza Orins dapat dibaca di https://www.bogasari.com/success-story/mantan-karyawan-pajak-jadi-pengusaha-martabak.

Dalam acara KIAT itu, Sony berbagi cerita kenapa memilih memanfaatkan sarana delivery online makanan melalui Gojek, yang bisa dikatakan sebagai pilot projek Go-Food saat ini. “Dulu pas ada tawaran ini, saya langsung mengiyakan karena saat itu saya sedang mengalami kendala di pengiriman. Dan ternyata masalah saya teratasi. Walau awalnya agak susah karena harus ada penyesuaian. Namanya juga teknologi baru, jadi wajar saja. Tapi sambil berjalan perlahan saya coba perbaiki,” ungkap Sony antusias.

Masih banyak hal menarik yang disampaikan kedua pembicara sehingga para peserta sangat antusias bertanya. Selama webinar berlangsung 2,5 jam sejak pukul 09.00 -11.30 WIB tercatat ada sekitar 40 pertanyaan yang masuk.

“Ini menunjukkan tema KIAT yang digelar Bogasari sangat sesuai dengan kebutuhan UKM.  Semoga KIAT Bogasari ini makin menumbuhkembangkan usaha para UKM. Dan jangan lewatkan KIAT seri ke-3 tanggal 16 Maret nanti,” ucap Ivo. (EGI)

1

Silahkan login terlebih dahulu untuk mengirimkan komentar.
Artikel Berhubungan